[Pembongkaran Bekisting Kolom]

Halo Sobat Safety!

Bekisting atau cetakan beton (formwork) merupakan suatu sarana pembantu untuk mencetak beton dengan ukuran, bentuk rupa ataupun posisi yang dikehendaki. Sesuai dengan sifatnya, bekisting hanya struktur sementara yang mendukung beratnya sendiri dan beton basah. Hal yang perlu diingat selanjutnya ialah bahwa konstruksi bekisiting harus mudah dikerjakan dan mudah dibongkar serta tidak mudah rusak sehingga dapat dipakai berulang kali. Hal lain yang perlu diperhitungkan, bekisting harus mampu menahan beban-beban yang ada

Namun, perlu diperhatikan pula kemungkinan kegagalan dalam pembongkaran bekisting. Kegagalan pembongkaran bekisting sepatutnya dihindari karena akan merugikan struktur bangunan, bahkan dapat menimbulkan korban jiwa.

Seperti yang terjadi pada 2 Maret 1973 di Skyline Plaza, Bailey’s Crossroads. Bangunan yang terdiri atas delapan apartemen, enam tower perkantoran, hotel dan pusat perbelanjaan ini runtuh dan mengakibatkan 14 orang tewas dan 34 orang luka-luka. Penyebab dari keruntuhan ini adalah pembongkaran bekisting penyangga lantai 23 yang tidak sesuai dan mengakibatkan peningkatan gaya geser sekitar kolom. Bangunan ini hancur secara keseluruhan karena keruntuhan satu lantai teratas. Kolom mengalami kelebihan tegangan sehingga terjadi keruntuhan pada seluruh lantai 23 dan menyebabkan lantai 22 kelebihan beban sehingga keruntuhan terjadi hingga ke lantai dasar.

Oleh karena itu, diperlukan pengawasan saat pembongkaran bekisting dilakukan. Proses pembongkaran bekisting kolom dilakukan setelah beton dianggap mengeras. Berikut merupakan metode kerja pembongkaran bekisting kolom.

Pembongkaran bekisting kolom dilakukan setelah 8 jam dari pengecoran terakhir dengan tenaga orang.
Semua baut dan wing nut dikendorkan dan tie rod yang terdapat pada horizontal waller dilepaskan.
Mengendorkan dan melepas push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1 pada wedge head piece.
Melepas push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1 dari base plate yang secara bersamaan bekisting kolom akan lepas dengan sendirinya dari permukaan beton.
Bekisting kolom diangkat dan dipindahkan ke tempat yang telah disediakan dengan bantuan alat tower crane, untuk dilakukan pembersihan dan pengolesan dengan oil form.

Semoga bermanfaat, Sobat Safety! (mrd)

SAFETY IS MY LIFE.

Sumber:
http://maryadimn.blogspot.co.id/2015/05/pembongkaran-bekisting-kolom-dan.html (diaksespada 12 Februari 2018)
http://manajemenproyekindonesia.com/?p=1303 (diaksespada 12 Februari 2018)
Muis, A. 2013. AnalisisBekistingMetode Semi SistemdanMetodeSistempadaBangunanGedung. JurnalKonstruksia Volume 4 Nomor 2 Juni 2013.

Inginberbagisemuatentangkeselamatansobat? Yuk kirimke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tungguya
Line: @allaboutsafety Instagram: @allabout_safety Twitter: @allabout_safety Facebook Page: All About Safety Indonesia Web: https://allaboutsafety.id Email: allaboutsafetyid@gmail.com
#safetyismylife #allaboutsafety #bekistingkolom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *