Musim Hujan!!!! Waspada beberapa penyakit dibawah ini

WASPADA PENYAKIT INI SAAT MUSIM HUJAN

Halo sobat safety!
Memasuki bulan Februari ini cuaca dibeberapa daerah di Indonesia memasuki musim penghujan. Tahukah sobat bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi bulan Februari ini sebagai puncak musim hujan? Kita harus waspada terhadap adanya potensi genangan air, banjir, ataupun tanah longsor. Juga kemungkinan hujan kencang yang dapat menyebabkan tumbangnya pohon. Selain itu cuaca yang ekstrim dapat berpengaruh terhadap timbulnya penyakit. Berikut ini merupakan penyakit yang dapat timbul saat musim hujan.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)
Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk yang terinfeksi virus melalui gigitan nyamuk kepada manusia dan bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini mempunyai gejala demam tinggi, nyeri sendi, pembesaran kelenjar getah bening, mual muntah serta ruam pada kulit.
Curah hujan yang tinggi membuat pertumbuhan nyamuk berkembang pesat. Pencegahan penyakit ini adalah dengan menutup genangan air dan menjaga kebersihan agar nyamuk tidak berkembang.
Penyakit Saluran Pencernaan
Penyakit yang sering terjadi menyerang saluran cerna ini menyebabkan sakit perut hingga paling parah diare. Pemilihan makanan dan kurangnya menjaga kebersihan tangan menjadi penyebab terjangkitnya penyakit ini.
Hindari makanan dan minuman yang dijual dipinggir jalan dan mengonsumsi makanan yang mentah.
Tifus
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella Thypi dari makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri ini. Gejala penyakit ini seperti demam tinggi yang berkepanjangan, sakit kepala, sakit perut, muntah.
Pencegahan penyakit ini dengan mengkonsumsi makananan sehat dan higienis, menjaga kebersihan sanitasi, dan rajin mencuci.
Influenza
Ciri penyakit ini dalah bersin, batuk, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Penyakit ini paling banyak saat musim hujan yang disebabkan oleh virus influenza A, B, atau C. Infeksi virus ini akan menyerang sistem pernapasan.
Pencegahan penyakit ini dengan mengonsumsi menu sehat dan bergizi, bila perlu konsumsi suplemen makanan.
Penyakit Kulit
Penyakit ini ditimbulkan oleh bakteri atau jamur akibat kelembaban yang tinggi dimusim penghujan. Penyakit kulit dapat berupa infeksi ataupun alergi.
Pencegahan ini penyakit ini menjaga dan mengatur kelembaban disekitar, menggunakan pakaian yang kering, dan mencuci tangan untuk mencegah penularan penyakit.

Demikian informasi bahaya penyakit yang timbul saat musim hujan, semoga sobat dapat menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.
(sar)

SAFETY IS MY LIFE.

Daftar Pustaka:
https://news.detik.com/berita/3746622/bmkg-prediksi-puncak-musim-hujan-desember-hingga-februari-2018 (diakses 10 Februari 2018)
https://life.trubus.id/post/waspada-5-macam-penyakit-di-musim-hujan-6657(diakses 10 Februari 2018)

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.comimg src=”http://allaboutsafety.id/wp-content/uploads/2018/02/1518318866969-300×300.jpg” alt=”” width=”300″ height=”300″ class=”alignnone size-medium wp-image-587″ />

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *