MENCEGAH SLEEP DISORDER PADA PEKERJA

Sobat Safety sering merasa kesulitan untuk tidur? Sleep Disorder atau gangguan tidur merupakan Sleep Disorder dapat mengakibatkan perubahan-perubahan diantaranya merubah siklus tidur biologis awal, menurunkan daya tahan tubuh serta menurunkan prestasi kerja, mudah tersinggung, depresi, kurang konsentrasi, kelelahan, dan dapat mempengaruhi keselamatan diri sendiri atau orang lain. Menurut beberapa penelitian gangguan tidur yang berkepanjangan didapatkan 2,5 kali lebih sering mengalami kecelakaan mobil dibandingkan pada orang yang tidurnya cukup

Menurut Japardi (2002), Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan Sleep Disorder ialah:
1. Tidur dan bangunlah secara reguler/kebiasaan;
2. Hindari tidur pada siang hari/sambilan;
3. Jangan mengkonsumsi kafein pada malam hari;
4. Jangan menggunakan obat-obat stimulan (contoh: decongestan);
5. Lakukan latihan/olahraga yang ringan sebelum tidur;
6. Hindari makan pada saat mau tidur, namun jangan pernah tidur dengan perut kosong;
7. Segera bangun dari tempat bila tidak dapat tidur (15-30 menit);
8. Hindari rasa cemas atau frustasi;
Buat suasana ruang tidur yang sejuk, sepi, aman dan enak

Biasakan untuk tidur pada waktu yang sama ya Sobat safety! Sesungguhnya Begadang itu dilarang kalau tiada artinya~

Sumber:
Japardi, Iskandar. 2002. Gangguan Tidur. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara: Medan.
(AY)

SAFETY IS MY LIFE.

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ��

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *