Ergonomi: Low Back Pain dan Upper Back Pain

Halo sobat safety! Selamat Hari Jumat.
Tidak terasa ya sebentar lagi akhir pekan dan sudah hampir seminggu ini kita beraktivitas. Pastinya beberapa diantara sobat ada yang mengalami pegal-pegal karena padatnya aktivitas diminggu ini. Kali ini kami akan membahas tentang ergonomi kesehatan berkaitan dengan Low Back Pain dan Upper Back Pain.

Ergonomi adalah program kesehatan kerja tentang cara merancang pekerjaan dan tempat kerja yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan tubuh manusia. Ergonomi juga berarti kesesuaian antara pekerjaan dan tenaga kerja. (http://www.kesehatankerja.com/ergonomi.html). Sobat, dengan mengetahui ergonomi berarti dapat mencegah penyakit kesehatan yang dapat ditimbulkan dari kesalahan gerak dalam suatu pekerjaan. Penyakit yang muncul akibat kerja ini dinamakan Work Related Musculo Skeletal Diseases (WMSD). Biasanya penyakit ini menyerang jaringan lunak manusia, terjadi secara perlahan dan menahun. Contoh penyakit yaitu Low Back Pain, Upper Back Pain, Carpal Tunnel Syndrome, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas penyakit Upper dan Low Back Pain beserta pencegahan dan penanganan penyakit ini.

Upper Back Pain

Pertama yang akan kami bahas adalah penyakit Upper Back Pain. Upper Back Pain salah satu jenis masalah tulang belakang thoraks, disebut juga punggung bagian atas-tengah. Jika bagian ini terasa nyeri atau sakit maka dapat disebabkan 2 alasan: 1) Iritasi otot, pada bagian korset bahu yang menempel oleh otot besar ke skapula (tulang belikat) dan bagian belakang tulang rusuk. Iritasi otot ini biasanya disebabkan oleh de-conditioning (kekurangan kekuatan) atau cedera berlebihan (adanya gerakan berulang). 2) Disfungsi sendi, entah itu luka atau degenerasi akibat penuaan. Kejadian tersebut memicu tulang belakang toraks tidak berfungsi dan menyakitkan.

Low Back Pain

Selanjutnya sobat, ada juga penyakit Low Back Pain. Low Back Pain adalah salah satu jenis masalah tulang belakang lumbal atau tulang belakang bawah. Kesakitan atau ketegangan pada bagian ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau bisa berkembang perlahan seiring waktu akibat gerakan berulang. Hal ini disebabkan: 1) Ketegangan, terjadi ketika otot diregangkan terlalu jauh merusak, sampai merobek otot itu 2) Keseleo, terjadi saat peregangan dan robek mempengaruhi ligamen yang mengubungkan tulang bersama-sama. (https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/lower-back-pain-symptoms-diagnosis-and-treatment)

Sobat perlu diketahui bahwa 2 penyakit diatas merupakan penyakit yang terjadi akibat pekerjaan. Nah! dalam artikel ini kami akan membahas penanganan dan pencegahan yang dapat dilakukan untuk penyakit Upper Back Pain dan Low Back Pain. Sobat, menurut lamanya kedua penyakit ini terdiri dari 2 jenis yaitu akut atau jangka pendek jika berlangsung hanya beberapa hari sampai minggu dan kronis jika berlangsung lebih dari 3 bulan.

Penanganan
Ada beberapa penanganan medis yang dapat dilakukan yaitu terapi fisik dengan menemui dokter ataupun obat penghilang rasa sakit, injeksi spinal, atau terapi kognitif-gerak (Cognitive Behavioural Therapy) atau yang biasa dikenal dengan CBT. Terdapat juga pengobatan alternatif yaitu manipulasi manual (chiropractic manipulation), akupuntur, elektro-terapi menggunakan Transutaneous Electrical Nerve Stimulator (TENS), meditasi pikiran dengan yoga. Jika memang dirasa sakit/nyeri pada bagian pinggang maka istirahat cukup 2-3 minggu.

Pencegahan
Sobat perlu diketahui bahwa penyakit ini biasanya menyerang orang yang antara 30 hingga 60 tahun, meskipun begitu sedari dini perlu beberapa langkah untuk mencegahnya. Diantaranya:
1. Berolahraga
2. Latihan beban dan kekuatan pada perut dan punggung
3. Nutrisi harus seimbang
4. Selalu perhatikan postur tubuh

Demikian informasi seputar penyakit yang dapat timbul akibat pekerjaan. Semoga sobat dapat memahami informasi tersebut dan yang paling penting adalah lebih mencegah daripada mengobati.

(sar)

SAFETY IS MY LIFE.

Daftar Pustaka:
http://www.kesehatankerja.com/ergonomi.html (diakses 14 Januari 2018)
https://www.spine-health.com/conditions/upper-back-pain/all-about-upper-back-pain (diakses 14 Januari 2018)
https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/lower-back-pain-symptoms-diagnosis-and-treatment (diakses 14 Januari 2018)
https://sakitmenular.com/2014/03/24/nyeri-pinggang-low-back-pain-sciatica-atau-lumbago-penanganan-dan-pencegahannya/ (16 Januari 2018)

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *