Peran Masyarakat Sebagai Pengawas Keselamatan Kerja, Perlukah?

Hallo

Sobat Safety! Tahukah sobat bahwa disetiap perusahaan wajib memiliki pengawas Keselamatan Kerja atau disebut dengan Pengawas Ketenagakerjaan?

Pengawas ketenagakerjaan adalah salah satu unsur yang harus ikut berperan di dalam meningkatkan kesejahteraan, keselamatan dah kesehatan kerja di perusahaan. Sebagai penegak hukum dibidang ketenagakerjaan unsur pengawasan ini harus bertindak sebagai pendeteksi dini di lapangan, sehingga diharapkan segala risiko dapat dideteksi secara awal sehingga menciptakan suasana yang aman, stabil dan mantap di bidang ketenagakerjaan. Dan yang menjadi Pengawas Keselamatan Kerja atau Pengawas Ketenagakerjaan adalah pegawai negeri professional.

Tahukah sobat bahwa masyarakat juga dapat berperan sebagai pengawas ketenagakerjaan? Masyarakat dapat ikut berperan dalam pelaksanaan keselamatan kerja di suatu institusi. Peran yang dimaksud adalah mengawasi pelaksanaan keselamatan kerja yang berlaku di suatu institusi baik itu pemerintah ataupun swasta. Mengenai peran masyarakat, jika meninjau dari undang-undang lain yang telah mengatur tentang peran masyarakat maka pemerintah nantinya dapat melakukan adopsi peraturan perundang-undangan lainnya untuk dikembangkan pengaturannya.

Salah satunya adalah UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam UU tersebut Pasal 70 Ayat (1) dan (2) diatur antara lain: Ayat (1): “Masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup”;
Ayat (2) Peran masyarakat dapat berupa: a) pengawasan sosial, b) pemberian saran, pendapat, usul, keberatan, pengaduan dan/atau, penyampaian informasi dan/atau laporan. Dengan adanya peran masyarakat yang telah ditegaskan secara normatif dan mengikat diharapkan dapat bersinergi dengan pengawas lainnya dalam mengurangi tingkat kecelakaan kerja di setiap institusi.

Oleh karenanya, sudah saatnya pemerintah memikirkan bagaimana peran masyarakat agar dapat berpartisipasi langsung dalam mengawasi penerapan UU Keselamatan Kerja dengan dikaji terlebih dahulu secara akademis. Jika memang secara kajian akademis bisa diterima sebaiknya mengakomodasikan peran masyarakat dalam UU Keselamatan Kerja.
(YMS)

Sumber :
Casale, Giuseppe. “Pengawasan Ketenagakerjaa: Apa Dan Bagaiman. Panduan Untuk Pengusaha”. ILO(Organisasi Perburuhan International).
https://news.detik.com/opini/d-3721575/masyarakat-sebagai-pengawas-keselamatan-kerja diakses tanggal 16 Januari 2018

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *