Stress Akibat Macet

Halo sobat safety! Selamat malam.
Bagaimana aktivitas dipertengahan hari ini? Mungkin banyak diantara sobat yang sedang sibuk-sibuknya dikejar berbagai deadline, akhirnya membuat stress. Bisa jadi ada pula sobat yang selalu menghadapi kemacetan baik itu saat berangkat atau pulang beraktivitas dan berujung pada stress pula. Ya hari ini kami akan membahas stress yang diakibatkan kemacetan.

Sebuah penelitian tahun 2012 pada American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa semakin banyak orang yang berpergian dengan kendaraan bermotor, semakin tinggi tekanan darah dan indeks massa tubuh mereka. Juga, semakin jauh perjalanan pulang, maka semakin sedikit aktivitas fisik yang dapat dikerjakan seseorang. Para ahli merekomendasikan melakukan usaha ekstra untuk menghindari jam kerja puncak (peak driving hours). Sobat disarankan untuk datang lebih awal ke kantor.

Mengurangi Stress Akibat Macet
Ketika macet menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan ada beberapa tips dari kami untuk sobat safety agar tetap terhindar dari stress yang berlebihan.
Tarik napas, Hembuskan, Ulang. Saat berkendara dan terjebak macet sobat dapat langsung menarik napas dalam-dalam. Ini merupakan teknik pertolongan pertama untuk menghindari emosi negatif akibat macet.
Mengalihkan fokus situasi. Daripada sobat sibuk memikirkan arus lalu lintas yang menjadi penghambat tujuan, lebih baik katakan pada diri sendiri (self talk) bahwa jika sampai tempat tujuan sobat akan melakukan hal yang menyenangkan. Bisa juga pada saat jam istirahat sobat akan makan makanan kesukaan.
Mengurangi reaksi kemarahan. Ini mungkin sulit dilakukan tetapi jika kita mencoba mengurangi rasa jengkel saat ada pengemudi lain yang menyelip rasanya akan lebih menenangkan. Cobalah untuk berpikiran positif sobat, dan tetap mengutamakan keselamatan pribadi dan pengemudi lain.
Mengalahkan pikiran cemas. Jika pikiran buruk datang sebagai akibat khawatir terhadap dampak kemacetan, cobalah untuk memperhatikan dan menerima perasaan itu lalu lepaskan. Rasakan kaki sobat menapaki kendaraan dan tersenyumlah bahwa sobat masih diberikan kesehatan untuk mengendarai kendaraan itu.
Tersenyumlah. Kadang-kadang ada saja humor ditengah-tengah kemacetan, seringlah melihat kesekitar. Menurut sebuah penelitian, melalui gerakan tersenyum dapat mengurangi intensitas respon stress pada tubuh kita sobat.

(sar)

SAFETY IS MY LIFE.

Daftar Pustaka:
https://www.psychologytoday.com/blog/minding-the-body/201509/how-stress-less-in-traffic-jam (diakses 14 Januari 2018)
http://edition.cnn.com/2012/11/19/health/driving-traffic-commute-consequences/index.html (diakses 14 Januari 2018)

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *