Manfaat Sarapan Sebelum Bekerja

Hallo Sobat Safety!!!
Selamat pagi, Apakah sobat safety sudah sarapan pagi? Tahukah sobat bahwa sarapan pagi itu sangat penting untuk dijadikan suatu kebiasaan? Bukan hanya untuk anak-anak atau remaja saja yang memerlukan nutrisi dari sarapan tetapi untuk orang dewasa juga loh.

Sering kita mengabaikan sarapan atau makan pagi, karena kesibukan atau mengejar waktu sehingga sarapan pun terabaikan. Sebenarnya sarapan banyak manfaatnya antara lain :
1. Membantu untuk mencukupi zat gizi
2. Dapat memelihara ketahanan tubuh, agar kita dapat beraktivitas atau bekerja dengan baik.
3. Membantu memusatkan pikiran untuk melakukan pekerjaan.

Makan pagi adalah sejumlah makanan yang dikonsumsi seseorang pada pagi hari mulai dari matahari terbit sampai kira-kira pukul 07.00 (Ahmadi, 1993). Jadi kebiasaan seseorang untuk makan pagi di mulai dari pukul 05.00 sampai pukul 07.00. Dimana mencakup makanan sehat dan mempunyai kadar gizi yang baik.
Makanan sehat adalah makanan yang mengandung tri guna makan atau makanan yang mengandung tiga kegunaan makanan yaitu sebagai zat pembangun, zat pengatur, dan zat tenaga. Untuk sarapan sebaiknya mengikuti pola makan seimbang yakni dengan komposisi karbohidrat 60-68 %, protein 12-12%, lemak 20-25%, dan serat 10-15% (Gempur Santoso, 2004).

Seperti halnya aktivitas makan siang dan makan malam, sarapan tidak boleh dilewatkan. Karena dengan sarapan kita dapat mempersiapkan stamina tubuh kita sehingga dapat beraktivitas secara optimal sampai menjelang siang hari. Sarapan diperlukan untuk membekali tubuh kita dalam memberikan asupan zat gizi baik dari sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin maupun mineral. Untuk itu perlu diperhatikan mengenai bagaimana susunan sarapan pagi yang baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.
Dengan begitu akan ada cadangan makanan yang akan menghasilkan energi yang maksimal. Jika tidak tubuh akan memperoleh energi dengan memecah cadangan gula yang tersimpan dalam hati hingga akhirnya kita akan merasa lelah serta lemas karena tidak ada makanan yang masuk untuk membakar cadangan gula tersebut (Khomsan Ali, 2002). Jadi sarapan dengan jumlah nutrisi yang tepat, bukan makan dengan porsi yang banyak asal kenyang tetapi kandungan nutrisi di dalamnya kurang memenuhi kebutuhan tubuh.

(YMS)
SAFETY IS MY LIFE

Daftar Pustaka:
Dwi, Pradita. 2010. “Pengaruh Kebiasaan Makan Pagi Terhadap Kelelahan Tenaga Kerja Pada Pekerja Jasa Kuli Angkut Di Pasar Klewer Surakarta”. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *