Dampak Limbah B3 Konstruksi

Hallo Sobat Safety!
Tahukah Sobat, berdasarkan penelitian, lokasi pembangunan menghasilkan banyak limbah konstruksi yang dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Di berbagai belahan dunia yang tengah melakukan banyak pembangunan konstruksi mempunyai permasalahan yang berkaitan dengan limbah konstruksi. Misalnya di USA, pembangunan dan pembongkaran gedung konstruksi menghasilkan limbah yaitu sekitar sepertiga dari volume bahan di tempat pembuangan sampah (landfill) (Kibert, 2000).

Limbah konstruksi mungkin dianggap bahan tidak berbahaya dan tidak menyebabkan banyak masalah. Namun faktanya, hal tersebut mempunyai dampak yang signifikan terhadap lingkungan yang disebabkan oleh proses pembangunan dan pembongkaran sebuah konstruksi. Berdasarkan Townsen dan Kibert (1998), limbah pembangunan dan pembongkaran umumnya terdiri dari material inert yang tidak dapat menyaring secara alami ke dalam air tanah. Berbagai regulasi telah dihasilkan dalam hal pembuangan dan pemantauan dampak lingkungan termasuk didalamnya pencemaran air tanah.

Dampak terhadap kualitas air tanah secara umum dapat diklasifikasikan dalam dua jenis, yaitu :
1. Hasil kontaminasi dengan bahan kimia berbahaya, terutama senyawa organik atau logam berat. Zat kimia ini merupakan hasil dari sejumlah bahan kimia berbahaya baik diterapkan pada bahan bangunan, atau pembuangan bahan kimia dalam aliran limbah pembanguan dan pembongkaran. Zat kimia tersebut antara lain seperti Trikalsium Silikat, Dikalsium Silikat, Trikalsium Aluminat, Tetrakalsium Aluminofe, Gipsum
2. Hasil kontaminasi dari jumlah yang lebih besar dari bahan kimia yang tidak beracun yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas air tanah. Zat kimia tersebut seperti klorida, natrium, sulfat dan amoniak yang dihasilkan dari penyaringan bahan utama limbah pembangunan dan pembangunan

Sumber :
Firmawan,Ferry. “Karakteristik Dan Komposisi Limbah (Construction Waste) Pada Pembangunan Proyek Konstruksi”. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.
(YMS)

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *