Melawan Stress Dengan Baik

 

Stress merupakan bagian dari kehidupan kita. Reaksi yang dikenal selama ini dalam menghadapi stres ialah flight or fight, ‘melarikan diri’ atau ‘melawan stres’. Melarikan diri secara fisik ialah meninggalkan ruangan kerja yang menimbulkan stres, mengundurkan diri, mutasi pekerjaan, atau bekerja di perusahaan lain. Secara psikologis ialah melarikan diri dari dunia nyata ke dalam dunia khayal, mencoba melupakan situasi stres dengan cara minum alkohol, mengisap ganja. Reaksi ‘melarikan diri’ tidak menyelesaikan persoalan, situasinya tetap sama atau malahan semakin parah.
Bagaimana kita dapat melawan stres dengan baik?
Yaitu dengan mengubah faktor-faktor di lingkungan dan dalam individu agar toleransi terhadap stres meningkat dan ambang stres meningkat, sehingga tidak cepat merasakan situasi yang dihadapi dengan stres.
Ada teknik-teknik yang dapat dilakukan yaitu pertama kerekayasaan organisasi, teknik ini berusaha untuk mengubah lingkungan kerja agar tidak cepat dirasakan sebagai lingkungan yang penuh stres. Yang kedua ada teknik penenangan pikiran, contohnya seperti meditasi, dan relaksasi neuromuscular (latihan melatih otot dan saraf). Dan yang terakhir ialah teknik melalui aktivitas fisik seperti senam, berjalan kaki, dan jogging. Jika ini dilakukan secara teratur, dapat membantu kita menjadi lebih tahan terhadap stres.

Sumber:
Munandar, Ashar Sunyoto. 2014. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Universitas Indonesia.

 

(JI)

SAFETY IS MY LIFE.

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *