PREPARE YOURSELF ON UNSAFE CONDITION!

 

Sobat safety, tahukah kamu jika kecelakaan di tempat kerja menurut Teori Domino Heinrich salah satunya disebabkan oleh unsafe condition? Menurut penelitiannya, unsafe act dan unsafe condition berkontribusi sebesar 98% terhadap kecelakaan di tempat kerja. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Ali dkk (2010) di Malaysia mengatakan bahwa ada empat penyebab utama kecelakaan kerja yang terjadi di bidang konstruksi, yaitu unsur manusia, site management yang buruk, kegagalan untuk menggunakan peralatan pelindung diri, serta yang berkaitan dengan unsafe condition adalah peralatan yang tidak aman yang digunakan dalam konstruksi.
Unsafe condition adalah kondisi material, lingkungan kerja, dan peralatan yang tidak aman yang ada di tempat kerja dan dapat memicu terjadinya insiden. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan luka, kerugian properti, hingga kematian. Menurut OSHA, pemberi kerja bertanggung jawab dalam menyediakan lingkungan kerja yang aman untuk para pekerjanya. Beberapa contoh kondisi tidak aman di tempat kerja, misalnya peralatan dan mesin yang rusak, housekeeping yang buruk, ventilasi dan pencahayaan yang kurang memadai, serta Alat Pelindung Diri (APD) yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan. Hal-hal tersebut dapat dikendalikan dengan pengendalian engineering seperti memasang guard pada mesin, memonitor peralatan, dan melakukan isolasi pada area kerja yang berbahaya. Selain itu, bisa juga dilakukan pengendalian administratif seperti tersedianya prosedur yang memadai, melakukan assessment, inspeksi, dan adanya record untuk memastikan safe work practices dan lingkungan kerja di kelola dengan baik.
Sumber:
Edmonds Community College. (2001). Accident & Injury Prevention. HYPERLINK “https://www.osha.gov/dte/grant_materials/fy07/sh-16637-07/acc-injury-prev2.ppt” https://www.osha.gov/dte/grant_materials/fy07/sh-16637-07/acc-injury-prev2.ppt (diakses pada 6 Januari 2018)

Pusdiklatk3. Teori Domino Heinrich: teori ilmiah pertama tentang penyebab kecelakaan kerja. HYPERLINK “http://www.pusdiklatk3.com/2014/04/teori-domino-heinrich-teori-ilmiah.html” http://www.pusdiklatk3.com/2014/04/teori-domino-heinrich-teori-ilmiah.html (diakses pada 6 Januari 2018)

Ali, A. S., et al. (2010). A Study on causes of accident and prevention in Malaysian construction industry. Editorial Board/Sidang Editor.

(DR)
SAFETY IS MY LIFE.

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke  allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *