[SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN, PENTINGKAH? Vol 2]

[SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN, PENTINGKAH? Vol 2]

Selamat malam Sobat Safety di Seluruh Indonesia. Setelah mengetahui jenis-jenis sistem proteksi kebakaran aktif, yuk kenali lebih jauh sistem proteksi pasif yang ada dalam gedung bertingkat. Sistem proteksi kebakaran pasif dapat didefinisikan sebagai sistem perlindungan terjadap kebakaran yang dilaksanakan dengan melakukan pengaturan terhadap komponen bangunan gedung dari aspek arsitekktur dan struktur sedemikian rupa sehingga dapat melindungi penghuni dan benda dari kerusakan fisik saat terjadi kebakaran (KEPMEN PU No. 10/KPTS/2000).

Jenis sarana pasif yang dirancang untuk proteksi kebakaran antara lain (Ramli, 2010):

  1. Penghalang (barrier), adalah struktur bangunan yang berfungsi sebagai penghambat penjalaran api dari suatu bagian bangunan ke bagian lainnya.
  2. Jarak aman, pengaturan jarak antar bangunan sangat membantu dalam mengurangi penjalaran api.
  3. Pelindung tahan api (fire retardant), memberi pelindung tahan api pada peralatan atau sarana tertentu dapat mengurangi penjalaran kebakaran.
  4. Sarana penyelamatan diri (means of escape), Means of escape adalah bagian tak terpisahkan dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai sarana penyelamatan diri dalam keadaan darurat yang aman dari bahaya dan dapat dilakukan tanpa bantuan orang lain. Kondisi kritis dari penghuni bangunan dimana bahaya kebakaran terjadi adalah bila temperature melebihi 75OC dan atau konsetrasi oksigen berada dibawah 10% dan atau konsentrasi gas carbon monoksida (CO) meningkat lebih dari 5000ppm (Wahyudi, 2012).

Sumber:

  1. Departemen Pekerjaan Umum. 2000. Keputusan Menteri Negara Pekerjaan Umum No.10/KPTS/2000 tentang Ketentuan Teknis Pengamanan terhadap Bahaya Kebakaran pada Bangunan dan Lingkungan. Jakarta.
  2. Ramli, Soehatman. 2010. Manajemen Kebakaran. Jakarta: Dian Rakyat

 

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA
#SAFETYISMYLIFE
#SAFETYFIRST
_________________________________

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat?
Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *