MARI MENGENAL API LEBIH DEKAT

Selamat pagi Sobat Safety di seluruh Indonesia! Untuk memulai pagi ini, mari kita awali dengan review bahaya-bahaya yang ada disekitar kita. Salah satu bahaya yang sering kita temui ialah Api. Pengertian Api menurut Rijanto (2015) ialah proses penyalaan yang cukup kuat, cepat yang dapat menghasilkan panas dan cahaya. Api sendiri dapat digolongkan kedalam dua bentuk atau jenis umum yaitu api nyala dan api permukaan. Ada beberapa teori mengenai kemunculan api, diantaranya teori segitiga api dan teori fire tetrahedron.
Teori Segitiga Api
Menurut teori segitiga api, kebakaran dapat terjadi karena adanya 3 faktor unsur api, yaitu bahan bakar (fuel), sumber panas (heat) dan oksigen yang saling bereaksi. Bila salah satu unsur tersebut tidak ada, maka api tidak dapat terbentuk. Jumlah presentase oksigen dalam udara bebas adalah sekitar 21%, dan suatu tempat dinyatakan memiliki potensi kebakaran apabila presentase oksigen pada tempat tersebut diatas 15% ( Hermaniati, 2015).
Fire Tetrahedron
Sama halnya dengan teori segitiga api, teori Fire Tetrahedron juga menyebutkaan bahwa kebakaran dapat terjad ketika tiga unsur tersebut (bahan bakar, panas dan oksigen) bertemu, ditambah dengan unsur keempat yaitu rantai reaksi kimia. Tanpa adanya reaksi tersebut, maka api tidak akan muncul (Hermaniati, 2015). Reaksi kimia tersebut akan terus terjadi selama proses kebakaran berlangsung hingga proses kebakaran tersebut usai (Fire Protection NIOSH Instructional Module, 1997). Dari kejadian reaksi dalam nyala api tersebut sangat penting bagi penyempurnaan teori Segitiga Api sebagai bidang ke empat yang selanjutnya disebut sebagai Teori Fire Tetrahedron.
Oleh: AY

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA
#SAFETYISMYLIFE
#SAFETYFIRST
_________________________________

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat?
Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *