Flood Damage Clean Up

Flood Damage Clean Up

 Memasuki musim penghujan seperti saat ini sudah bukan menjadi hal yang aneh khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Kali ini kami akan mencoba memberikan tips bagi sobat yang rumah atau tempat kerjanya mengalami kebanjiran supaya lebih aman ketika melakukan pembersihan sisa-sisa banjir. Semoga membantu dan perhatikan keselamatanmu ya sobat.

  1. Jauhi Air Banjir

Pastikan air banjir benar-benar telah surut sebelum sobat memulai pembersihan. Air banjir yang masih menggenang, terutama untuk tempat-tempat yang belum sobat ketahui sebelumnya memiliki risiko untuk membahayakan diri, seperti misalnya tenggelam, karena permukaan yang sebenarnya tidak terlihat. Selain itu ketika masih menggenang, sobat tidak bisa melihat apakah di dalamnya terdapat material yang berbahaya seperti reruntuhan dengan ujung tajam, kayu-kayu yang tajam, dan sebagainya sehingga dapat menyebabkan luka.

  1. Hindari Sumber Bahaya Kelistrikan

Ketika tinggi banjir sudah melampaui sumber energi kelistrikan, sobat sebaiknya waspada dan sebisa mungkin jauhi air banjir. Jika memungkinkan matikan segera sumber-sumber kelistrikan sebelum air banjir mencapainya ketika banjir masih dalam ketinggian yang rendah sebagai upaya antisipasi.

  1. Bersihkan Material Sisa Banjir Secara Aman

Ranting pohon terkadang terbawa arus banjir sehingga terkadang ranting dan daun-daunan dari pohon tersebut bisa menutupi kabel-kabel sumber bahaya kelistrikan. Selain memastikan terlebih dahulu air banjir telah benar-benar surut, pastikan sobat menggunakan Alat Pelindung Diri yang sesuai seperti sepatu boots dari karet dan sarung tangan karet untuk antisipasi bahaya kelistrikan dan tergores benda-benda tajam saat proses pembersihan. Selain itu perhatikan juga cara pemindahan barang yang sesuai (risiko Musculosceletal Disorders) dan tergelincir lantai yang licin.

  1. Perhatikan Sumber Bahaya Pernapasan

Mesin-mesin generator dengan sumber tenaga diesel dapat mengeluarkan gas karbon monoksida. Ketika sobat akan melakukan pembersihan ataupun pemindahan mesin tersebut ketika terjadi banjir sebaiknya menggunakan alat bantu pernapasan yang sesuai, terlebih lagi jika terjadi di ruang terbatas gerak (confined space). Selain itu jamur dan lumut seringkali muncul setelah banjir yang dapat membahayakan pernapasan berupa iritasi dan gatal-gatal. Saat pembersihan lumut dan jamur dapat digunakan pemutih pakaian sebagai disinfektan, namun jangan pernah mencampur disinfektan tersebut dengan pembersih lainnya yang mengandung amonia karena dapat membahayakan saluran pernapasan sobat.

 

Oleh: DR,RS – Katriga

Sumber:

Geigle, Abbie. 2017. “Flood Damage Cleanup”. Diakses dari

OSHA. “Flood Preparedness and Response”. Diakses dari https://www.osha.gov/dts/weather/flood/response.html

 

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA
#SAFETYISMYLIFE
#SAFETYFIRST
_________________________________

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat?
Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *