Sejarah Airbag dan Kontroversinya

SEJARAH AIRBAG DAN KONTROVERSINYA

Hai sobat safety! Pernah nonton film action ketika ada adegan kecelakaan lalu si sopir terselamatkan dengan airbag? Terbayang tidak, jika mobil yang dikendarai tidak memiliki fitur tersebut? Pasti jalan ceritanya berubah ya 😀 nah kali ini kita akan membahas tentang sejarah airbag nih sobat.

Airbag adalah sebuah selaput membran yang fleksibel, dapat menggelembung jika terisi dengan udara atau jenis gas lainnya. Airbag digunakan sebagai bantalan ketika terjadi keadaan tubrukan yang sangat kencang pada mobil. Pada 1952 airbag ditemukan oleh John W. Hetrick dan mematenkan airbag pada tahun berikutnya. Penemuan tersebut digunakan untuk melindungi keluarganya berdasarkan keahlian yang dimilikinya dari akademi kelautan dan mesin. Sebelumnya sudah ada penemuan airbag untuk di pesawat pada awal tahun 1940-an dan dipatenkan tahun 1950.

Namun, penemu asal Amerika, Allen Breed, mengembangkan komponen kunci supaya airbag dapat digunakan di mobil dengan menggunakan alat pendeteksi tubrukan. Dia memasarkan penemuannya di awal tahun 1967 pada Chrysler. Pada era ini, orang-orang di Amerika menjadi sangat jarang memakai seatbelt. Pada 1971 Ford membuat percobaan singkat pada mobil dengan airbag. Pada tahun 1970-an terdapat tujuh kasus fatal terkait airbag. Satu korban diketahui meninggal akibat airbag karena tidak memakai seatbelt dan berdasarkan keparahan cidera yang dialami, diduga korban terkena serangan jantung akibat tekanan yang diterima ketika kecelakaan. Pada tahun 1980, Mercedes-Benz mengenalkan kembali airbag dari German dengan fitur hydro pneumatic suspension. Pada sistem ini, sensor akan mengencangkan seatbelt ketika terjadi tubrukan dan kemudian mengembangkan airbag sebagaimana mestinya.

Sehingga airbag dikhususkan bukan sebagai pelindung utama melainkan sebagai pelengkap keamanan saat berkendara. Sehingga penggunaan seatbelt adalah suatu hal yang harus dilakukan. Nah dari informasi ini, diharapkan pandangan sobat safety menjadi terarah nih, bahwa mobil dengan adanya fitur airbag dalam mobil sobat bukan berarti sobat bebas untuk tidak memakai seatbelt. Kedua jenis pengaman ini sama pentingnya sehingga jika terjadi kecelakaan yang tidak terelakkan keselamatan sobat masih dapat terjaga. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan dari kecelakaan ya! Aamiin.

 

 

Oleh: RS – Katriga

 

Sumber:

http://npkauto.com/oldweb/data/notes/Classic%20Collection%20of%20Books/Air%20Bags.pdf

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA
#SAFETYISMYLIFE
#SAFETYFIRST
_________________________________

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat?
Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *