Confined Space: Hazard Assessment and Control Program

Confined Space: Hazard Assessment and Control Program

Hai sobat safety! Menjelang weekend dan akhir tahun, supaya hari sobat lebih berfaedah lagi, simak sedikit yuk tentang topik kita hari ini yaitu program pengendalian dan penilaian bahaya confined space. Nah, kalau confined space sendiri admin yakin nih sobat sudah cukup paham. Yap, confined space itu adalah suatu kondisi dimana serba terbatas, dari segi luas tempat, udara, pandangan, gerakan, dan sebagainya. Setiap tempat kerja atau pemilik perusahaan wajib menerapkan program pengendalian dan penilaian bahaya confined space untuk mengantisipasi dan mengantisipasi risiko yang mungkin muncul. Nah, apa saja sih isi dari program tersebut?

  1. Deskripsi peran dan tanggung jawab setiap pekerja (pihak manajemen, supervisor, pekerja itu sendiri, pengawas/attendant, dan tim tanggap darurat).
  2. Deskripsi saran bagaimana mengidentfikasi confined space.
  3. Hasil identifikasi dan penilaian seluruh potensi bahaya, mulai dari awal pekerjaan dimulai hingga potensi bahaya yang mungkin berkembang akibat proses pekerjaan. Adapun potensi bahaya yang paling sering muncul adalah kekurangan oksigen, terdapat material mudah terbakar atau meledak, ada bahan beracun seperti gas dan uap, dan bahaya temperatur ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin.
  4. Rencana eliminasi atau pengendalian bahaya yang telah teridentifikasi.
  5. Prosedur kerja tertulis.
  6. Program pelatihan untuk seluruh pekerja yang akan masuk ke dalam confined space.
  7. Penetapan sistem ijin masuk (entry permit system) ke area confined space.
  8. Pengembangan emergency plan yang dilengkapi dengan pelatihan dan alat-alat ketika terjadi hal-hal tak terduga.
  9. Sistem emergency response.
  10. Melaporkan dan menginvestigasi insiden yang berhubungan dengan confined space.
  11. Kontrol rekaman dan dokumentasi.
  12. Peninjauan ulang program ketika lingkungan kerja berubah, paling tidak dilakukan secara tahunan, untuk melihat kelemahan program dan dilakukan perbaikan program yang sudah berjalan.

Beberapa kecelakaan yang sering terjadi di confined space adalah ketidaktahuan atau refleks alamiah dari attendant sehingga ikut masuk ke dalam area kerja ketika terjadi sesuatu dengan pekerja yang bertugas di dalam area confined space. Sehingga bukannya terselamatkan malah menambah jumlah korban jiwa. Hal ini adalah salah satu yang paling penting untuk ditingkatkan, yaitu dengan menekankan peran dan tanggung jawab tiap-tiap jenis pekerjaan, yaitu melalui pelatihan sehingga diharapkan pekerjaan confined space ini dapat terlaksana dengan aman jika tiap-tiap pekerjanya telah memahami peran dan tanggung jawabnya masingmasing.

 

Oleh: YP, RS – Katriga

Sumber:

Amirudin, Hendri Anwar. 2017. Internal Modul of Confined Space. Esa Unggul University http://www.ccohs.ca/oshanswers/hsprograms/confinedspace_program.html

 

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA
#SAFETYISMYLIFE
#SAFETYFIRST
_________________________________

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat?
Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *