Hubungan K3 dengan Produktivitas dan Prestasi Kerja

Hubungan K3 dengan Produktivitas dan Prestasi Kerja

Hai sobat safety. Kali ini kita akan membahas K3 dari aspek produktivitas kerja. Pernahkah sobat merasa ketika bekerja kehilangan motivasi karena terlalu lelah, bosan, merasa tidak aman atau terganggu karena hal-hal tertentu? Sadar atau tidak, hal-hal tersebut di atas dapat mempengaruhi kinerja sobat. Untuk para sobat yang adalah pemilik perusahaan yang mempekerjakan banyak orang, topik kita kali ini sangat menarik nih. Mungkin saja setelah membaca ini, sobat jadi punya rencana bagaimana cara meningkatkan produktivitas pekerjamu.

Pertama, aspek produktivitas pekerja dapat diukur dari kemauan kerja, kemampuan kerja, lingkungan kerja, kompensasi, jaminan sosial, dan hubungan kerja.

  1. Kemauan kerja dapat dilihat dari kesadaran para pekerja untuk meingkatkan produktivitas kerjanya dan mengikuti peraturan-peraturan yang ditetapkan.
  2. Kemampuan kerja dapat dilihat dari kemampuan pekerja menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu.
  3. Lingkungan kerja dapat dilihat dari tingkat kepedulian perusahaan kepada pekerja seperti adanya tanda peringatan dan tanda bahaya yang berfungsi sehingga karyawan menjadi lebih diperhatikan yang berefek pada peningkatan motivasi kerja karyawan.
  4. Kompensasi dapat dilihat dari adanya balas jasa yang sesuai baik langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja karyawan.
  5. Jaminan sosial dapat memotivasi poduktifitas pekerja karena pekerja merasa lebih diperhatikan keselamatan dan kesehatannya ketika bekerja.
  6. Hubungan kerja dapat membangun semangat karyawan jika memiliki hubungan yang baik antarsesama karyawan maupun terhadap atasan atau orang yang disegani karena memiliki sifat kekeluargaan namun saling menghormati.

Untuk meningkatkan produktifitas pekerja perlu ditingkatkan aspek keselamatan dan kesehatan pekerja itu sendiri. Aspek K3 seperti program pelatihan keselamatan membuat pekerja menjadi lebih terlatih, terampil, dan berhati-hati dalam bekerja, program publikasi keselamatan kerja memotivasi karyawan untuk selalu bekerja dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatannya, program kontrol lingkungan kerja mendukung terciptanya lingkungan kerja yang aman dan menyenangkan, program pengawasan dan disiplin membuat pekerja selalu menampilkan performansi kerja yang baik, program kesadaran K3 dapat mencipatakan rasa aman dan tenang pekerja saat bekerja. Apabila unsur-unsur K3 berhasil diterapkan, maka dapat memberikan pengaruh positif secara luas terutama dalam hal produktivitas kerja karyawan.

Secara umum, peranan K3 dalam produktivitas kerja adalah:

  1. Untuk menjamin bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas nasional.
  2. Untuk menjamin bahwa setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keamanannya.
  3. Untuk memastikan bahwa setiap sumber produksi dapat dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien.
  4. Untuk mengurangi bahaya perusahaan jika terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja, karena sebelumnya sudah ada tindakan antisipatif dari perusahaan.

Oleh: YM, RS – Katriga

 

Sumber:

Lestari, T.; Trisyulianti, Erlin. 2009. Hubungan Keselamatan dan Kesehatan (K3) dengan Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus: Bagian Pengolahan PTPN VIII Gunung Mas, Bogor). Jurnal Manajemen Vol 1, Nomor 1.

Paramitha, Catarina Cori Pradnya ; Wijayanto, Andi. 2012. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Apj Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, Nomor 1.

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA
#SAFETYISMYLIFE
#SAFETYFIRST
_________________________________

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat?
Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *