Aklimatisasi

Halo sobat safety!

Tahukah Sobat tentang Aklimatisasi?

Aklimatisasi adalah suatu proses (perubahan fisik) seseorang beradaptasi dengan sendirinya untuk bisa bekerja dengan aman dan nyaman di lingkungan kerja yang panas.

Aklimatisasi dapat terjadi pada semua orang bergantung pada faktor kebugaran, usia, fisik, gender, dan ras. Waktu yg dibutuhkan utk dpt beraklimatisasi adalah sekitar 7-15 hari.
Langkah-langkah yg termasuk dlm aklimatisasi adalah:
1. Peningkatan keringat secara bertahap (semakin besar penurunan panas tubuh).
2. Tingkat keasinan keringat berkurang (kelenjar keringat mengeluarkan garam lebih sedikit. Hal ini mencegah terjadinya kekurangan garam dalam tubuh supaya tidak kram).
3. Pengurangan berat badan yang dapat membantu menurunkan panas dengan mengurangi jumlah lemak yang menghalangi dan mengurangi konsumsi energi.
4. Ketika perubahan terjadi, pekerja akan minum air lebih banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena berkeringat.

Setelah seseorang teraklimatisasi, mereka akan merasa haus ketika tubuh memerlukan tambahan cairan oleh karena itu akan minum yang banyak. Aklimatisasi harus dilakukan apabila pekerjaan dilakukan utk periode waktu tertentu. Aklimatisasi harus merupakan suatu proses yang dapar diatur. Pekerja yang bekerja di lingkungan panas tidak boleh menderita heat strain sebagai bagian dari proses tsb.

Aklimatisasi akan turun secara bertahap setelah pekerjaan dalam lingkungan yg panas berhenti. Kecuali apabila seorang pekerja pindah dari suatu pekerjaan di lingkungan yang panas ke pekerjaan di lingkungan panas lainnya.

Penulis: Elsya Ristia
Sumber: Dr. Iting Shofwati, M.KKK

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ?

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

SAFETY IS MY LIFE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *