Lahirnya bulan K3

Halo, Sobat Safety!

Memasuki peringatan bulan K3 2017 yang dimulai tanggal 12 Januari lalu, rangkaian acara terkait implementasi K3 di industri dan perusahaan mulai dilaksanakan. Melalui tema “Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif”, peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan program pembangunan kerja dan sumber daya kompeten dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja dalam pelaksanaannya.

Lahirnya bulan K3 nasional merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelaksanaan aspek keselamatan dan kesehatan di tempat kerja. Berpedoman pada Undang – Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja (yang disahkan tanggal 12 Januari 1970), tujuan implementasi K3 tidak hanya melindungi pekerja dari kecelakaan dan risiko lain secara preventif, namun juga menjamin sumber dan proses produksi dijalankan secara aman dan efisien. Proses produksi yang dilaksanakan dalam sistem kerja aman pada ujungnya menekan kerugian akibat kecelakaan dan risiko lain serta meningkatkan produktivitas pekerja. Tentunya penanaman nilai mengenai pentingnya K3 ini membutuhkan usaha panjang dan konsisten dengan melibatkan tak hanya pemerintah, namun juga perusahaan dan masyarakat.

Lebih jauh, dalam era globalisasi khususnya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), peningkatan aspek K3 di tempat kerja menjadi salah satu indikator kesiapan sumber daya manusia dalam menghadapi MEA. Tingginya tingkat pemahaman dan kesadaran akan K3 menjadi salah satu tolak ukur sumber daya manusia yang kompeten.

Salah satu langkah meningkatkan kesadaran masyarakat tersebut adalah penetapan bulan K3 nasional sebagai pola gerak nasional yang awalnya diatur dalam Kepmenaker No. 463/MEN/1993. Pelaksanaan bulan K3 nasional pertama kali tahun 2010. Selanjutnya, untuk mewujudkan visi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 2020, Kepmenaker Nomor 386 tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 nasional 2015-2019 diterapkan. Ketentuan program, tema, dan pihak pelaksana diatur dalam undang – undang tersebut.

Bulan K3 nasional menjadi realisasi harapan agar seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendikiawan, organisasi profesi, asosiasi dan lain-lain dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri.

sumber:
http://infopublik.id/read/185439/menaker-resmikan-dimulainya-bulan-k3-nasional-2017.html
Kepmenaker No. 386 tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 nasional 2015-2019

SAFETY IS MY LIFE
(venn)bulan-k3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *