Bekerja pada ketinggian

sb8tdtxybuHalo Sobat Safety!

Pada tanggal 10 Maret 2016 lalu, Kementerian tenaga kerja baru saja mengesahkan Permenaker Nomor 9 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Pekerjaan Ketinggian.

Permenaker yang memuat 45 Pasal ini memuat panduan yang cukup lengkap terkait dengan pekerjaan di ketinggian. Di dalam Permenaker No 9 tahun 2016 ini membahas mengenai pengertian bekerja di atas ketinggian, dan tata cara bekerja di ketinggian secara lengkap. Pengertian bekerja di ketinggian menurut permenaker ini sendiri memiliki perbedaan dengan pemahaman yang selama ini berkembang, jika selama ini para praktisi membatasi bekerja di atas ketinggian merupakan pekerjaan yang dilakukan pada ketinggian mulai dari 1.8 meter, maka pada permenaker 09 tahun 2016 tidak memberi batasan ukuran.

Definisi Bekerja pada Ketinggian Menurut Permenaker 09 Tahun 2016:

“Bekerja pada ketinggian adalah kegiatan atau aktifitas pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja pada tempat kerja di permukaan tanah atau perairan yang terdapat perbedaan ketinggian dan memiliki potensi jatuh yang menyebabkan Tenaga Kerja atau Orang Lain yang berada di tempat kerja Cidera atau Meninggal dunia atau menyebabkan kerusakan harta benda”.

Ada yang tidak kalah penting dalam Permenaker No 09 tahun 2016 ini, yaitu mewajibkan kepada pengusaha dan/atau pengurus untuk menerapkan Keselamatan dan Kesehatan kerja pada pekerjaan di atas ketingian. Penerapan K3 dapat dilakukan dengan memastikan beberapa hal berikut:

  1. Perencanaan
  2. Prosedur Kerja
  3. Cara / Teknik Bekerja yang aman
  4. APD, Perangkat Pelindung Jatuh dan angkur
  5. Tenaga Kerja yang kompeten dan Bagian K3

Itulah sekilas mengenai Permenaker No 09 tahun 2016, semoga bermanfaat dan sobat safety bisa unduh Permenaker ini di link dibawah ini :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwj42d2m_d7QAhWKM48KHSOaDU4QFggbMAA&url=http%3A%2F%2Findorope.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2016%2F05%2Fpermen_9_tahun_2016.pdf&usg=AFQjCNFTQ5Ixqsp3Jo5zLLkfADOrtI7QwQ&sig2=L9LkStjnl5bXAVnkzmIyMw

Punya tulisan, gambar, artikel terkait K3L yang ingin dipublikasikan di @Allaboutsafety sobat?

Yuk kirim ke chatroom @allaboutsafety atau email kami allaboutsafetyid@gmail.com

Follow juga IG kami di @allabout_safety dan ikuti terus update artikel kami di https://allaboutsafetyid.wordpress.com/

Kami tunggu kontribusimu sobat!

SAFETY IS MY LIFE.

(ZNBL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *