Sejarah dan Latar belakang

“All About Safety Indonesia atau di singkat AAS-ID adalah sebuah wadah untuk berbagi dan berdikusi mengenai¬†keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan.”

All About Safety Indonesia, pada awalnya hanya merupakan sebuah Account Official di aplikasi “gratis” line@ dengan nama “All about safety” yang dibentuk pada tanggal 18 September 2015 pada Jam 11 lewat 11 pagi, oleh seorang mahasiswa sekaligus praktisi K3L, bernama Ahmad Afif Mauludi dengan tujuan berbagi dan berdikusi materi-materi terkait keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L/safety-health environment/SHE).

Tujuan tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya informasi dalam Bahasa Indonesia mengenai K3L. K3L sendiri merupakan ilmu baru dan masih berkembang di Indonesia, bahkan di negara-negara maju, sehingga sumber literatur memang masih banyak yang berbahasa asing. Selain itu, visi pribadi dari sang inisiator yang ingin menantang dirinya untuk menjadi seorang konsultan dan pengajar di bidang K3L, semakin mendorong dirinya untuk mengembangkan “All About Safety” ini.

Beberapa bulan saja dari kehadirannya, “All About Safety” ternyata banyak dirasakan manfaatnya, terutama oleh para pelajar dan penggiat safety di Indonesia untuk menerima informasi dan berdikusi terkait K3L/SHE. Dalam waktu 3 bulan saja, “All About Safety” telah memiliki lebih dari 1000 followers! (1817 to be exact).

Platform line@ dipilih karena user line di Indonesia mulai berkembang dan pada saat itu belum banyak (bahkan sepertinya tidak ada) official account yang membahas mengenai SHE di Line. Line@ juga memiliki keunggulan dengan fitur-fitur lengkap, seperti posting home, broadcast, reserved post, yang sangat mudah digunakan dan dikelola dalam waktu yang sempit. Dengan kesempatan dan pertimbangan tersebutlah akhirnya awal pengembangan “All About Safety” di lakukan melalui line@.

Semakin berkembang, semakin banyak yang tertarik untuk bergabung dan memang dirasakan perlu untuk menambah personil untuk berkontribusi dalam pengembangan “All About Safety”.

Pada tanggal 24 Oktober 2015, “All About Safety” berganti nama menjadi All About Safety Indonesia dan menjadi sebuah perkumpulan, yang ditandai dengan bergabungnya empat orang lainnya, yaitu Ibnu Burhanudin, Chandra Perdana, Atthina Ayu Mustika dan Elsya Ristia. Perekrutan personil All About Safety ini pertama kali masih terbatas pada lingkup kecil sekitar UIN Jakarta, UI dan UPN Jakarta.

Semakin berkembang, terbentuklah organisasi secara struktural dan fungsional. Dengan Ahmad Afif Mauludi (Afif/hmd) sebagai general manager, Anisa Kurniati (Anis/Ans) sebagai sekretaris, Elsya Ristia (Elsya/Els) sebagai Keuangan, Fajrina Tami Nabila (Bella/FTN) sebagai PR & Marketing, Ibnu Burhanudin (Inu) dan Chandra Perdana (CP) sebagai IT, dan Atthina Ayu Mustika (Ams) sebagai RnD.

Posting dilakukan terjadwal, minimal 3 kali sehari dengan sasaran mutu yang ditentukan bersama.

Saat ini All About Safety Indonesia (AAS-ID) masih terus berkembang, dengan pengikut lebih dari 6000 orang yang terdiri dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

Pergerakan dalam rangka edukasi masih berjalan pada dunia maya, berpusat pada line@, disusul dengan media sosial lain seperti instagram, twitter, path dan juga web (wordpress).

Pada akhir tahun 2016, All about safety Indonesia membuka peluang seluas-luasnya kepada generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam berbagi mengenai SHE di Indonesia, khususnya melalui “brand” AAS-ID, untuk indonesia yang lebih berbudaya selamat