[SIAPAKAH PENEMU ISTILAH ERGONOMI?]

Ditulis Oleh: Indra Adi Rahman

Istilah ergonomi dikenal umum berasal dari istilah Yunani. “Ergon” berarti kerja dan “nomos” berarti hukum/aturan. Maka ergonomi adalah “working according to nature” atau bekerja berdasarkan kondisi alami dan bukan melakukan kerja yang sulit bagi tubuh.
Namun, tahukah kamu siapa pencetus istilah ergonomi untuki pertama kalinya?
Pada tahun 1857 oleh Wojciech Jastrzebowski menciptakan konsep ergonomi, yang berarti ilmu kerja seperti yang dijelaskan dalam artikelnya di polandia “Przyroda i przemyst ( Nature and Industry )” yang diterbitkan pada tahun 1857. Wojciech Jastrzebowski merupakan seorang ahli biologi dari Polandia dan penulis narasi filosofi.
The Central Institute for Labour Protection – National Research Institute (CIOP-PIB), warsaw, poland, menerbitkan sebuah cetak ulang yang diterjemahkan dari bahasa polandia asli ke dalam bahasa inggris berjudul “wojciech jastrzebowski” – GARIS ERGONOMI, atau ILMU PEKERJAAN yang didasarkan pada kebenaran yang ditarik dari “science of nature” yang merupakan edisi peringatan yang ditebitkan pada tahun 2000 pada kesempatan kongress XIV dari Asosiasi Ergonomi International dan pertemuan tahunan ke-44 faktor manusia dan masyarakat ergonomi. (AYS/YN)

Sumber:
https://www.jstage.jst.go.jp/article/isljsl/88/6/88_189/_article ( diakses 02 Maret 2018)

SAFETY IS MY LIFE.

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com
#safetyismylife
#allaboutsafety
#ergonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *