[10 tips mengatasi sesak napas]

Ditulis oleh: Muhamad Ridwan

Halo Sobat Safety!

Sesak napas adalah kejadian yang dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Beragam penyebab sesak napas dapat dikarenakan adanya penyakit seperti paru-paru, hati, anemia dan kondisi yang kurang fit. Sebenarnya dengan tindakan yang tepat, sesak napas dapat diatasi dan disembuhkan. Berikut ini kami rangkum beberapa tips mengatasi sesak napas. Selamat mengikuti, Sobat!

1. Menghentikan aktivitas
Sesak napas dapat muncul ketika melakukan aktivitas. Hal ini dapat dikarenakan denyut jantung dan pernapasan yang semakin cepat terutama ketika melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Segala macam aktivitas ketika muncul gejala sesak napas harus dihentikan dan dibawa ke tempat yang lebih tenang untuk diberikan penanganan selanjutnya.

2. Atur posisi duduk
Cara ini dapat digunakan dengan mengatur posisi duduk sekitar 45-90 derajat untuk memungkinakan paru-paru dapat bernapas dengan lancar. Berikan sandaran berupa bantal pada kepala dan pungung.

3. Melonggarkan pakaian dan melakukan pijitan pada daerah syaraf paru-paru
Melonggarkan pakaian ditujukan agar korban tidak merasa sesak. Setelah itu, berikan pijitan pada daerah syaraf paru-paru yang berada di atas jempol kaki (3-5 cm di atas ruas ibu jari).

4. Menarik nafas dalam-dalam (metode Pursed-Lip Breathing)
Menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan dapat dilakukan dengan metode Pursed-Lip Breathing. Metode ini dapat dilakukan kapapun ketika mengalami sesak napas, terutama saat membungkuk, mengangkat benda, atau menaiki tangga. Bernapas dengan menghembuskan melalui mulut yang hampir tertutup (seperti bersiul) selama 4-5 detik.

5. Kompres panas
Melakukan kompres panas pada dada dan tenggorokan dilakukan untuk melegakan dan mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan. Cara ini dapat dilakukan secara rutin dengan mengompres bagian yang terhubung dengan saluran pernapasan (dada, tenggorokan, dan sebagainya).

6. Duduk di depan kipas angin
Cara ini dapat dilakukan dengan mengarahkan kipas angin kepada korban jika beberapa langkah penanganan belum dapat mengurangi gejala sesak napas. Kipas angin dapat mengeluarkan udara sejuk yang dibutuhkan korban sesak napas.

7. Memakai bronchodilator
Bronchodilator seperti salbutamol atau obat pereda hirupan (nebuliza) dapat digunakan ketika korban tidak dapat bernapas sendiri.

8. Minum air putih / teh jahe
Minum air putih hangat dapat mengencerkan lender atau dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Meminum teh jahe juga memiliki khasiat yang sama dan diharapkan dapat segera dengan cepat mengatasi sesak napas pada korban.

9. Menghirup uap menthol (aroma terapi daun mint)
Salah satu cara mengurangi sesak napas yaitu dengan memberikan aroma terapi daun mint dengan inhlasai sederhana atau metode penguapan. Aroma menthol yang terdapat pada daun mint memiliki anti inflamasi, sehingga nantinya akan membuka saluran pernapasan.

10. Biasakan pola hidup sehat
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan membiasakan pola hidup sehat, maka tubuh akan terjaga dari macam-macam penyakit. Hindari merokok, perbanyak istirahat dan olahraga, dan sejenisnya akan menjaga tubuh tetap fit.

Semoga bermanfaat, Sobat! šŸ™‚

Sumber:
[American Thoracic Society] Breathlessness. 2013. Am J Respir Crit Care Med Vo. 187, P3-P4, 2013.
Siswantoro, E. 2017. Pengaruh Aroma Terapi Daun Mint dengan Inhalasi Sederhana terhadap Penurunan Sesak Nafas pada Pasien Tuberculosis Paru. Jurnal Keperawatan dan Kebidananan Vol 7, No 1 2015.
http://www.ulasankesehatan.com/2017/06/cara-mengatasi-sesak-nafas.html (diakses pada 6 Maret 2018)
http://sehatitu.com/pertolongan-pertama-pada-sesak-nafas/ (diakses pada 6 Maret 2018)
http://www.alodokter.com/solusi-tepat-cara-mengatasi-sesak-napas-tanpa-obat (diakses pada 6 Maret 2018)

SAFETY IS MY LIFE. (AYS/YN)

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya šŸ™‚

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

#safetyismylife
#allaboutsafety
#10tips
#sesaknapas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *