[Lebih Jauh Tentang Policresulen]

Ditulis oleh : Indra Adi Ramana

Halo Sobat Safety!
Masyarakat Indonesia sedang ramai menanggapi pemberitaan tentang obat Albothyl. Bagaimana tidak? Kandungan di dalam Albothyl Concentrate seperti dilansir dari farmasiana.com, yaitu: policresulen. Policresulen adalah obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan pada leher rahim (cervix) dan vagina. Policresulen juga digunakan untuk menghentikan perdarahan setelah mengambil sampel jaringan cervix untuk diperiksa (biopsi cervix) atau setelah pengangkatan polip cervix. Obat ini merupakan proses kondensasi dari metacresolsulfonic acid dan methanol (formalin), yang bersifat asam.
Poliscerulen dipercaya dapat membunuh jamur dan bakteri seperti Trichomonas yang dapat menyebabkan infeksi pada vagina, serta mempertahankan pH asam di vagina. Selain itu, policresulen memiliki efek menghentikan perdarahan karena mempengaruhi faktor pembekuan dan mempengaruhi kontraksi otot pembuluh darah.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan penjelasan resmi terkait kandungan policresulen yang terdapat dalam produk Albothyl pada kamis (15/02/2018) malam. Dalam pernyataan pers yang diterima kompas.com dijelaskan bahwa obat itu tidak boleh digunakan sebagai hemostatik dan antiseptik pada saat pembedahan serta penggunaan pada kulit (dermatologi); telinga, hidung dan tenggorokan (THT); sariawan (stomatitis afrosa); dan gigi (odontologi).
Berikut penjelasan singkat dari kandungan obat albothyl, Policresulen:
1. Merek dagang: Albothyl.

2. Tentang Policresulen
Jenis obat
Obat untuk vagina
Golongan
Obat resep
Manfaat
Mengatasi peradangan cervix dan vagina.
Menghentikan perdarahan akibat tindakan biopsi cervix atau pengangkatan polip cervix.

Dikonsumsi oleh
Dewasa
Bentuk
Tablet vagina, gel
3. Peringatan Policresulen
Penggunaan cairan policresulen terkadang dapat mengakibatkan iritasi jaringan, serta pada penggunaan jangka lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan, konsultasikan dengan dokter mengenai risiko dan manfaat penggunaan policresulen.
Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan policresulen.
Policresulen merupakan obat yang digunakan untuk vagina, untuk penggunaan di luar vagina, diskusikan dulu dengan dokter mengenai risiko dan manfaatnya.
Jika mengenai mata, cucilah mata dengan air mengalir selama mungkin.
Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
4. Dosis Policresulen
Pada orang dewasa, untuk cervicitis, vaginitis, dan menghentikan perdarahan cervix seteah biopsi cervix maupun setelah pengangkatan polip cervix, masukan 1 tablet vagina (ovula) policresulen ke dalam vagina setiap 2 hari sekali selama 1-2 minggu.
5. Efek Samping dan Bahaya Policresulen
Reaksi orang terhadap sebuah produk berbeda-beda. Efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan policresulen adalah
Sensasi tidak nyaman pada vagina.
Iritasi lokal.
Kerusakan jaringan bila digunakan dalam jangka lama.
Yuk, selalu kenali dan waspada terhadap obat yang di konsumsi!!! (CLS/YN)

Sumber:
http://www.alodokter.com/policresulen diakses 23 Februari 2018
http://sains.kompas.com/read/2018/02/16/110600323/bukan-untuk-sariawan-apa-kegunaan-policresulen-dalam-albothyl diakses 23 Februari 2018
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/02/16/bahaya-atau-tidak-policresulen-pada-obat-sariawan-ini-fakta-faktanya-dan-pendapat-ahli diakses 23 Februari 2018
SAFETY IS MY LIFE.

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com
#safetyismylife
#allaboutsafety
#policresulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *