[7 tips untuk meningkatkan performa K3]

[7 tips untuk meningkatkan performa K3]

Diterjemahkan dan ditulis kembali oleh: Ahmad Afif Mauludi

Jika melakukan improvisasi terhadap performa K3 merupakan salah satu dari resolusimu tahun ini, maka sobat harus membaca artikel kami yang satu ini!

hari ini kami akan membahas tujuh elemen penting yang dapat meningkatkan performa K3mu tahun ini!

1. Libatkan pekerja.

melibatkan pekerja dalam proses keselamat akan mendorong mereka untuk mendemostrasikan komitmen mereka sambil mebangun kebanggaan, kepemilikan dan kemampuan terkait keselamatan. mulailah dengan memberikan kesempatan untuk para pekerja mengidentifikasi keselamatan pada hal-hal yang menarik untuk mereka (misalnya pekerjaan mereka atau ruangan tempat mereka bekerja) serta improvisasi terkait keselamatan yang dibutuhkan. Libatkan mereka dalam rencana keselamatan. Kirim mereka ke divisi lain atau persusahaan lain untuk belajar mengenai cara kerja yang aman dan baik (studi banding).

2. Identifikasi dan laporkan bahaya
Proses dari pengendalian sebuah bahaya dimulai dari identifikasi dan pelaporan. Siapkan sebuah logbook keselamatan pada sebuah divisi atau lokasi-lokasi strategis. Doronglah para pekerja untuk mengisi laporan-laporan mengenai bahaya dan risiko yang ada di lokasi tersebut. Buatlah sebuah daftar terpelihara dan termutakhirkan mengenai analisis bahaya pekerjaan/job hazard analysis (JHA).

3. Dapatkan dukungan dari sebagian besar manager dan supervisor
manager dan supervisor garis depan memiliki sebagian besar akses langsung kepada pekerja-pekerjanya. Tindakan, reaksi dan sikap mereka dapat memberikan dampak yang luar biasa untuk performa keselamatan para pekerja. pastikan para manajer dan supervisor:
– rutin mendiskusikan mengenai keselamatan pada saat meeting bersama staff dan pekerja
– menghadiri dan berpartisipasi dalam pertemuan panitia keselamatan (P2K3)
– melaksanakan survey jalan sepintas di sekitar area kerja untuk memastikan apakah ada cara kerja atau suatu hal yang perlu diubah atau ditingkatkan untuk meningkatkan keselamatan
– mengikuti pelatihan dan follow up yang baik untuk mendorong perilaku selamat (safe behavior)
– Segera melakukan investigasi kecelakaan sesegera mungkin untuk mengidentifikasi penyebab dan langkah koreksi
– meyakinkan pekerja bahwa mereka dapat menghentikan pekerjaan bila kondisi tidak aman atau berisiko menimbulkan kesakitan

4. Tulis dalam bentuk dokumen!
Tulislah program-program keselamatan. Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Harus terdapat tulisan yang mencerminkan mengenai tujuan keselamatan dan budaya-budaya keselamatan yang diterapkan perusahaan.
komunikasi hal-hal tersebut kepada seluruh pekerja, pelanggan, kontraktor, penyuplai dan taruh tulisan-tulisan tersebut di website perusahaan anda!
lakukan kodifikasi pada kebijakan dan penerapan keselamatan dalam bentuk dokumen yang dapat diakses dan dipelajari secara mudah oleh manajer dan pekerja.

5. Bersiaplah!
Kegawatdaruratan mungkin sekali terjadi secara tiba-tiba. Kita harus bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi, bahkan hal yang tidak mungkin sekalipun. sebuah rencana kegawatdaruratan harus berisikan persiapan untuk menghadapi segala hal yang mungkin terjadi. Rencana tersebut haruslah spesifik pada setiap site dan didasarkan pada penilaian bahaya.

6. Gunakan sumber daya dari Organisasi Keselamatan.
Gunakan alat-alat yang telah disediakan oleh organisasi keselamatan di negara sobat dan juga internasional. misal: syarat-syarat perundangan, surat instruksi, SOP umum dan lain-lain. Dalam konteks ini, perusahaan di Indonesia dapat merujuk pada Undang-undang, Peraturan Menteri maupun peraturan dari organisasi-organisasi pemerintahan seperti Damkar, BNN, dan lain-lain

7. Terlibatlah tidak terbatas pada keselamatan namun juga kesehatan dan keserasian.
Tidak hanya keselamatan, namun kesehatan juga penting. Usahakan untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan terkait kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan di tempat pekerjaan anda! investasikan program dan waktu sobat untuk meningkatkan kesehatan di perusahaan sobat! absen karena sakit dapat sangat merugikan!

Demikian sedikitnya Tujuh elemen yang dapat membantu sobat dalam meningkatkan performa keselamatan!

karena tidak terbatas pada tujuh hal ini, maka dianjurkan lebih banyak membaca lagi ya sobat!

Daftar pustaka:

___. 2013. 7 Tips for boosting safety performance in 2014. diakses dari https://safety.blr.com/workplace-safety-news/safety-administration/safety-general/7-tips-for-boosting-safety-performance-in-2014/ pada 18 April 2016 jam 12.54

SAFETY IS MY LIFE.

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ��

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allaboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *