3 Kualifikasi untuk menjadi seorang Safety, Health and Environmental (SHE) Officer (dan sejenis)

 Oleh: Ahmad Afif Mauludi
Selamat malam sobat!
Bingung bagaimana mencari atau menjadi seorang SHE Officer yang dapat dikatakan kompeten di bidangnya???
Pada malam ini kami akan membahas tiga kualifikasi untuk menjadi seorang Safety, Health and Environmental (SHE) Officer (dan sejenis).
Mengapa kami mengangkat hanya tiga kualifikasi? karena kualifikasi yang akan kami jabarkan ini berdasarkan pada beberapa pengertian kompetensi dari sudut pandang manajemen yang dapat disimpulkan bahwa kompetensi merupakan suatu kinerja yang empiris yang dapat dilihat dan diukur, terdiri pengetahuan, keahlian dan pengalaman.
Tiga kualifikasi ini bukanlah suatu syarat yang mutlak untuk seorang SHE Officer dan bukanlah sebuah teori yang menjadi dasar apakah seseorang bisa atau tidak bisa untuk bekerja sebagai SHE Officer itu. Namun, tulisan ini dapat dijadikan salah satu referensi sebagai kualifikasi untuk mencari atau menjadi seorang SHE Officer yang berkompeten.
Tanpa berpanjang kata lagi, mari kita bahas satu persatu secara singkat.

1. Pengetahuan

Sumber gambar: http://koalisiseni.or.id/
Bagaimana kita dapat mengetahui pengetahuan seseorang? Tentu saja yang paling mudah adalah dari latar belakang pendidikannya (Ijazah). Di Indonesia, beberapa jurusan yang mempelajari tentang SHE adalah Jurusan/Prodi Kesehatan Masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),  Hygiene Industri, Fire & Safety, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, dan beberapa jurusan lainnya. Memang ada beberapa karakteristik yang berbeda dalam pendidikan jurusan-jurusan tersebut, hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apabila ingin lebih detail dapat dilihat di Transkrip Nilai, atau lembar sejenis, berapakah mata kuliah yang terkait dengan SHE, cocok dengan kebutuhan dan dapat diterapkan di perusahaan.  Walau ijazah atau transkrip nilai tidak mutlak. Namun, merupakan salah satu bukti empirik yang dapat dipertanggungjawabkan.
Cara kedua adalah dengan menguji pengetahuan dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan SHE, bisa dengan soal-soal di atas kertas ataupun ketika melakukan wawancara. Pengetahuan setidaknya mencakup manajemen K3 dan Teknis Aplikasi K3 di perusahaan, sesuai dengan karakteristik perusahaan Anda/yang ingin dituju. Begitupula dengan jenjang, ada D3, D4/S1, S2 dan S3, latar belakang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk research K3? ada baiknya Anda rekrut untuk jenjang S2 dan S3, walau tidak menutup kemungkinan bagi S1 atau jenjang yang lebih rendah untuk melakukan research.

2. Keahlian

Image result for skill
Sumber gambar: http://www.biovoicenews.com/
Bila pengetahuan bisa dilihat dari Ijazah, Transkrip Nilai dan Soal-Soal. Maka keahlian bisa dilihat dari sertifikasi. Terutama Sertifikasi profesi/keahlian. Kembali lagi, di Indonesia banyak sertifikasi yang berhubungan dengan K3. Ada Ahli K3 Kemenaker, Ahli K3 BNSP, Ahli K3 Migas, POP, Sertifikasi berhubungan dengan Manajemen/Teknis Penanganan Kebakaran, Ahli K3 Konstruksi, Ahli K3 Kimia, Ahli K3 RS dsb. Adapula berbagai sertifikasi lain seperti NEBOSH, NCRQ, CPSO, CSM dan sertifikasi lainnya. Ambil yang mana? Tentunya tidak perlu semua (kecuali Anda kelebihan dana). Ambilah sertifikasi yang mendukung karir di perusahaan Anda/yang Anda tuju. Seringkali banyak SHE/calon SHE Officer yang mengambil semua sertifikat tanpa ada relasinya satu sama lain. Ingat hal tersebut hanya membuang Dana dan Waktu Anda!

3. Pengalaman

6 Steps for Transforming Customer Experience [Webinar]
Sumber gambar: https://www.qualtrics.com/
Terakhir adalah pengalaman. Pengalaman merupakan satu hal empiris, paling rendah keakuratannya dibandingkan pengetahuan dan kehlian, namun paling terlihat ketika penerapan. Cara paling mudah untuk  mengetahui pengalaman seseorang adalah dari CV (Curriculum Vitae), atau Riyawat Hidup. Jangan lupa untuk selalu mengupdate riyawat hidup Anda, jangan malas! Anda dapat membuat catatan pribadi yang memuat seluruh pengalaman Anda. Namun, ketika melamar pekerjaan, cantumkanlah pengalaman yang berhubungan dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Bukan fabrikasi, hanya menyaring. Ada istilah “Saring sebelum Sharing“. Ya seperti itu, terlalu banyak pengalaman yang tidak berhubungan dapat menjadikan Anda terlihat tidak konsisten dan tidak mendalami hal apapun dalam hidup Anda. Cara kedua adalah dengan pertanyaan-pertanyaan ketika interview. Satu hal yang perlu diingat. Hal yang diceritakan dalam pengalaman haruslah merupakan pengalaman pribadi, bila pengalaman orang itu masuk dalam “pengetahuan” bukan “pengalaman”. Cara ketiga adalah ketika bekerja (penerapan). Pastinya terlihat perbedaan antara orang yang berpengalaman dan tidak.
Sekian tulisan singkat mengenai tiga kualifikasi untuk menjadi seorang SHE Officer. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga dapat menjadi salah satu referensi Anda. Apabila ada masukan terkait tulisan dan kualifikasi lain, silahkan tulis di kolom komentar.
(hmd)
SAFETY IS MY LIFE.

 Daftar Pustaka:
Takey, S Mayumi. Carvalho, M.M. 2014. “Competency mapping in project management: An action research study in an engineering company“. International Journal of Project Management. vol 33. hh 784–796.
14 Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perguruan Tinggi Negeri  https://katigaku.top/2015/05/20/14-tempat-kuliah-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-di-perguruan-tinggi-negeri/ (diakses 31 Desember 2017)
Certificate and Degree Programs https://www.osha.gov/dte/edcenters/certificate.html (diakses 1 Januari 2018)
Curriculum Vitae (CV) vs. a Resume: Learn how a CV differs from a Resume https://www.thebalance.com/cv-vs-resume-2058495 (diakses 1 Januari 2018)
Prospek Pekerjaan Ahli K3 https://allaboutsafetyid.wordpress.com/2016/02/03/prospek-pekerjaan-ahli-k3/ (Diakses 2 Januari 2018)
Health and safety adviser https://www.prospects.ac.uk/job-profiles/health-and-safety-adviser (diakses 2 Januari 2018)
Selusin kemampuan lain (softskill) yang sebaiknya dimiliki oleh Ahli K3 https://allaboutsafetyid.wordpress.com/2017/05/19/selusin-kemampuan-lain-softskill-yang-sebaiknya-dimiliki-oleh-ahli-k3/ (diakses 3 Januari 2018)

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya 👷

Line: @allaboutsafety
Instagram: @allabout_safety
Twitter: @allabout_safety
Facebook Page: All About Safety Indonesia
Web: https://allboutsafety.id
Email: allaboutsafetyid@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *