[PENTINGNYA KESADARAN BERBUDAYA K3 DI INDONESIA JAMAN NOW]

Safety Is Important

Kesadaran K3 di Indonesia sedang meningkat. Semakin banyak orang yang peduli terhadap keselamatan dan kesehatan dirinya maupun orang lain. Jumlah peningkatan ini masih jauh tertinggal daripada negara-negara lain yang sudah lama mementingkan keselamatan dan kesehatan pekerjanya. Keselamatan dan kesehatan kerja seringkali diremehkan oleh berbagai pihak, baik dari pihak manajemen maupun pekerja itu sendiri karena kurangnya kesadaran mereka tentang keselamatan dan kesehatannya sendiri maupun orang lain, serta alasan-alasan lain yang menjadi turunannya (ribet lah, orang K3 cerewet lah, sotoy lah). Namun kenyataannya, K3 tidak boleh dilepaskan dari kegiatan bekerja. Lantas mengapa? Karena pekerja adalah sumberdaya perusahaan.

 

K3 di Indonesia masih sebatas pengetahuan, bukan budaya. Buruknya kesadaran mengenai K3 tidak terlepas dari tabiat tenaga kerja di perusahaan. Sedangkan tabiat mereka juga berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan latar belakang pendidikan. Contoh dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak orang yang berkendara sambil main ponsel, tidak mengenakan helm bagi yang mengendarai sepeda motor, bahkan ada yang boncengan bertiga. Ini biasanya terlihat di kalangan kids jaman now, kaki masih jinjit aja boncengan betiga. Belum lagi ibu-ibu (The Powerpoint of Emak-Emak)  yang sering berkendara di jalan raya.

 

Oleh karena itu, K3 harus diperkenalkan sejak dini. Kalau perlu dimulai sejak duduk di bangku sekolah dasar. Bukan, bukan ke sekolah pake helm safety. Tapi dari keselamatan sehari-hari. Contohnya bagaimana caranya mencabut atau memasang colokan, naik motor harus pakai helm, menyebrang di zebra cross, memberi pemahaman mengenai lampu lalu lintas, dan lain sebagainya. “Itumah salah pemerintah,” pemerintah sudah bagus kok. Kemnaker misalnya sudah ada ‘saya pilih selamat’. Apaan tuh? Nah, cari aja sendiri biar sadar. Intinya, budaya K3 di Indonesia itu masih perlu untuk ditingkatkan kesadarannya, itu saja. Kalau sudah sadar, pasti banyak langkah yang diusahakan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja serta lingkungannya agar taraf hidup rakyat Indonesia. REPEH, RIPAH, RAPIH, GEMAH, RIPAHH!!!

(Wa Brontok : 2017).

 

#ALLABOUTSAFETYINDONESIA

#SAFETYISMYLIFE

#SAFETYFIRST

————————————————————–

Ingin berbagi semua tentang keselamatan sobat? Yuk kirim ke allaboutsafetyid@gmail.com, kami tunggu ya ??

Line: @allaboutsafety

Instagram: @allabout_safety

Twitter: @allabout_safety

Facebook Page: All About Safety Indonesia

Web: https://allboutsafetyid.wordpress.com

Email: allaboutsafetyid@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *